miss him..

15 December, 2008

Tadi malem sebelum tidur saya sempat menangis, menangis karena saya teringat opung (kakek) saya yang sudah meninggal sekitar 2 bulan yang lalu. Kenapa teringat beliau?? Karna hari ini adalah ulang tahun opung yang ke 75. Andaikan opung masih ada, pasti bakalan ada perayaan yang setidaknya kami keluarga besar bisa berkumpul rame2 sama opung.

img_4470dit3small

Saya jadi ingat semua kejadian2 selama saya jaga opung di Bandung dan itu membuat saya kangen berat sama opung. Memang ini pertama kalinya saya kehilangan orang dekat (keluarga) saya. Dan seperti kata orang2, semakin lama rasa kehilangan itu makin berasa, dan iya, saya merasakannya tadi malem. Saya yang cucunya aja udah berasa kehilangan banget gini, apalagi mama dan tante2 saya yang merupakan anaknya opung, ga kebayang deh gimana rasanya.

Saya ingat dan kangen sama semua kejadian sama opung:

*saya ingat wajah opung yang tersenyum ketika pertama kali saya datang ke Bandung dan ketemu opung yang sudah terbaring di rumah sakit.

*saya ingat tangan opung yang menepuk pundak saya dan berkata “hebat” pada saat memberitahu opung klo saya sudah lulus.

*saya ingat waktu opung mendoakan saya sambil memegang kepala saya.

*saya ingat opung yang selalu menggenggam tangan orang dengan kuat dan keras saat dia sedang kesakitan. Opung ga pernah bilang klo dia kesakitan, tapi kami tahu dia kesakitan.

*saya ingat opung yang ketawa dengan lepasnya ketika adik2nya datang ke rumah sakit. Dan itulah ketawa opung yang paling bahagia selama opung sakit.

*saya ingat opung yang ga mau makan makanan rumah sakit karena opung ga merasa sakit. Makan obat juga harus dimasukin ke dalam anggur dulu.

*saya ingat opung yang marah2 karena dia merasa ketakutan, dalam pandangan opung, dia bisa melihat orang2 yang sudah meninggal mendatangi dia.

*saya ingat semua cerita2 opung selama dia di rumah sakit.

*saya ingat opung yang minta jalan2 keliling rumah sakit dengan kursi roda. Tapi sehabis itu dia marah2 karna capek.

*saya ingat opung yang tertidur sambil memegang uang di tangannya.

*saya ingat semua nyanyian2 yang kami nyanyikan selama di rumah sakit untuk opung. Dan setiap kali saya mendengar lagu2 itu, saya ingin menangis.

*saya ingat saat opung mau makan pizza, ayam kfc, makanan khas batak dan roti2. Kami kasih semua sama opung, karena kami tahu itu terkahir kalinya dia merasakan makanan itu.

*saya ingat betapa senangnya opung saat kami pindahkan ke kelas paling utama, karna kami tahu inilah terakhir kalinya kami bisa membahagiakan opung.

*saya ingat saat opung pergi, dia sempat membuka matanya yang kiri, padahal opung sudah tidak sadar selama seminggu. Opung sempat melihat kami sesaat sebelu dia pergi dan hanya saya cucu yang ada disitu.

Saya kangen sama semua itu. Benar2 liburan paling berharga selama saya di Bandung karna saya sempat menjaga opung selama sebulan sebelum opung akhirnya pergi untuk selamanya.

Selamat Ulang Tahun Opung! Saya tahu pasti opung sudah bahagia disana.

Leave a Reply

