August Rush

11 September, 2008

August Rush bisa dibilang sebuah film yang mengambil musik sebagai inti ceritanya. Memang film ini udah lama banget diproduksi, skitar 2007 yang berarti setahun yang lalu. Tau tentang film ini sebenernya juga udah dari tahu lalu. Pertama kali dikasih tau tuh sama temen berinisial SJ yg mukanya udah sering wara-wiri di dunia persinetronan, hehe.. Waktu itu lagi chatting sama dia dan bilang baru nonton film ini dan amat sangat menyarankan film ini untuk ditonton. Tapi lama-lama saya jadi lupa, karna sibuk kali ya, haha.. Sok sibuk!! Akhirnya kmaren pas jalan2, tiba2 liat dvd ini ada di deretan best seller dan jadi inget lagi. Langsung tak cari yg bajakannya. Maap ya, untuk film luar memang saya beli bajakan karna yg asli harganya mahal banget. Klo produksi dalam negri alias Indonesia pasti saya beli yang asli kok, hehe..

August Rush bercerita tentang kehidupan seorang anak di panti asuhan yang sudah menjadi yatim piatu selama 12 tahun sejak lahir. Dia tidak pernah tau siapa orangtuanya, bahkan sedikit informasi atau bayangan muka saja dia tidak pernah tau. Evan Taylor (Freddie Highmore) sangat suka sekali dengan musik, bahkan dengan suara angin saja dia bisa mendengerkan sebuah alunan lagu. Evan juga percaya kalau orangtuanya masih ada dan musik lah yang dapat menuntunnya untuk menemukan orangtuanya.

Adalah seorang cellist muda bernama Lyla Novacek (Keri Russel) dan seorang vovalist band Louis (Jonathan Rhys Meyers) yang bertemu pada suatu malam. Mereka sama-sama baru menyelesaikan sebuah konser. Tentunya konser yang berbeda, Lyla dengan group philharmonic orchestranya sedangkan Louis dengan bandnya. Malam itu mereka jalan-jalan di New York dan mulai muncul rasa cinta diantara mereka. Akhirnya mereka pun memadu kasih malam itu juga.

Ternyata Lyla hamil sebagai hasil dari hubungannya dengan Louis, tapi sang ayah tidak menyetujui hubungan Lyla dengan Louis dengan alasan dapat menghancurkan karir Lyla. Akhirnya Lyla dipisahkan dari Louis dan menjelang kelahiran sang anak Lyla mengalami kecelakaan. Ayah Lyla mengambil kesempatan dengan mengatakan kalau anak Lyla telah meninggal akibat kecelakaan.

Kembali ke Evan, dengan semangatnya dia memutuskan untuk lari dari panti asuhan dan pergi ke New York dengan mengikuti alunan-alunan lagu yang dia dengar. Bukan alunan lagu biasa, tapi Evan dapat mendengar lagu dari suara angin, suara orang berjalan, suara kereta dan lainnya yang dia percaya bakal membawa dia menemukan orangtuanya.

Selama pencarian Evan mengalami banyak kejadian, mulai dari bertemu dengan Wizard (Robin William) yang sadar akan kemampuan musik Evan dan mencoba meraup keuntungan dari kepandaian Evan memainkan alat musik. Wizard mengajak Evan untuk mengamen tapi dengan mengubah nama Evan menjadi August Rush dengan alasan kalau orang tau nama asli Evan, dia akan dibalikkan ke panti asuhan.

Lyla akhirnya diberi tahu aleh ayahnya kalau anaknya masih hidup dan berusaha menemukan sang anak yang tidak lain tidak bukan adalah Evan. Pada saat yang bersamaan Louis teringat dengan kenangannya bersama Lyla pada saat 12 tahun yang lalu dan berusaha untuk menemui Lyla lagi.

Selanjutnya adalah perjuangan Evan selama menjadi pengamen di jalanan, di kejar polisi, bersembunyi di Gereja, masuk ke sekolah musik dan akhirnya Evan dapat kesempatan untuk menggelar konser orchestra sendiri karena diberikan kepercayaan oleh guru musik Evan melihat musikalitas Evan yang sangat tinggi. Konflik terjadi diantara Evan, Wizard yang mengaku sebagai ayah Evan dan pihak sekolah yang akan menggelar konser Evan.

**

Nah, ini nih tipe2 film yang saya sukai apalagi mengambil musik sebagai bagian dari alur cerita. Musik2 dalam film ini juga pada enak semua, sangat menenangkan hati, ceilah.. Tentang seorang anak yang menemukan orangtuanya dengan menggunakan bakatnya yang dia yakini merupakan pemberian dari orangutanya. Pada akhirnya mereka ditemukan oleh musik yang memang sudah mengalir di dalam diri mereka bertiga.

Film ini juga menyentuh sekali dengan status Evan yang sendirian dan tidak tahu identitas dirinya sendiri. Apalagi bisa dibayangkan perasaan seorang anak yang akhirnya bertemu dengan orang tua yang gak pernah dia temui. Saya benar2 tersentuh menonton film ini. Dan bisa dikategorikan sebagai film yang wajib ditonton kalu menurut saya, hehe..

Tapi jalan film di cerita ini terlihat sekali seperti khayalan atau dongeng. Dan ceritanya mirip dengan Oliver Twist. Eh, klo ga salah yg main Oliver Twist si Freddie Highmore juga kan?? Mirip deh kayaknya, apa emang iya?? Haha.. Dan juga di akhir film yang sangat mengganggu. Kenapa?? Karna tidak klimaks, yang bikin berkomentar: “loh, cuma gitu aja??”. Tapi secara keseluruhan menarik kok.

Thanks a lot to SJ yang udah ngasih tau film ini!!

The music is all around you, all you have to di is listen. (August Rush)

Advertisements

8 Responses to “August Rush”


  1. wah, keren neh chenel..
    keknya wajib tonton bgt neh..
    bacanya aj da antusias.. mesti cari neh..
    di medan ad gk y? huehue..
    keren2..

  2. cheneL Says:

    yup, wajib tonton dah..
    di sun ada kok, paling bawah deket acer center..
    hehe..

  3. rizkiariefandi Says:

    sountrack nya juga asik banged tuh..
    yg someday nya john lagend..
    wuih.. bikin merinding…

  4. cheneL Says:

    iya2..
    ni lagi nyari sontreknya.
    haha..


  5. wew…
    akhirnya di jatuhkan ke flim yah??…
    hhhhh….


  6. yg d sun mah bukannya original smua?
    hehehe 😀

  7. TopiQue Says:

    wahhh,,dah lama bgt gw nonton ini film,, oya ada tags buat lw di blog gw,, mampir yah…

  8. Ika Says:

    Duuuhhh… August Rush.. Kereeennn Abiiiizzz…
    I Love Freddie Highmore… dan harus nonton semua filmnya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: